8.5 C
New York
Wednesday, September 30, 2020
Home Internasional Langkah Trump Tarik Pasukan, Picu Turki Serang Kurdi Suriah

Langkah Trump Tarik Pasukan, Picu Turki Serang Kurdi Suriah

TIKTAK.ID – Keputusan Amerika Serikat menarik 1.000 tentaranya yang tersisa di Suriah utara menyusul serangan Turki yang kian meluas, berbuah kesepakatan antara tentara Suriah dan milisi Kurdi untuk memindahkan pasukan di sepanjang jalur yang berbatasan langsung dengan Turki.

Perkembangan tersebut menegaskan makin hilangnya pengaruh Washington dan kegagalan kebijakan AS mendukung milisi pemberontak melawan pemerintahan sah Suriah.

Beberapa negara di kawasan yang tidak setuju pada langkah militer Turki menuntut Erdogan segera menarik pasukannya dari Suriah.

Keprihatinan atas operasi militer Turki di wilayah negara Suriah, didasari pertimbangan serius terkait situasi kemanusiaan dan potensi bahaya berkelanjutan yang mungkin menimpa warga sipil di zona konflik itu.

Keputusan Trump memindahkan pasukan Amerika keluar dari garis pertempuran di utara Suriah, juga dianggap dapat membuka peluang pecahnya kecamuk perang besar jika pasukan Suriah datang mengamankan wilayah perbatasan mereka dalam konflik langsung dengan militer Turki. Hal inilah yang juga dikhawatirkan dapat meningkatkan kemungkinan pasukan ISIS dan kroninya yang ditahan Kurdi, leluasa melarikan diri. Bahkan beberapa sumber mengatakan kaburnya milisi ISIS itu sudah terjadi saat militer Turki mulai menggempur wilayah Kurdi.

Kondisi panas ini dipicu langkah Presiden AS Donald Trump minggu lalu yang secara mengejutkan memutuskan penarikan sekitar 50 pasukan operasi khusus dari dua pos terdepan di Suriah utara. Langkah Trump dianggap pembuka jalan bagi Turki meluncurkan serangan masif dalam sepekan terakhir terhadap Milisi Kurdi di wilayah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Untuk Kelima Kalinya Indonesia Terpilih Kembali Sebagai Anggota Dewan HAM PBB

TIKTAK.ID - Hari masih pagi saat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan berita gembira, Indonesia terpilih kembali sebagai anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022. Lewat...

Gayung Bersambut, Luis Milla ingin Wujudkan Harapan Pecinta Bola Untuk Melatih Timnas Garuda

TIKTAK.ID - Bak bola salju menggelinding, harapan pencinta sepak bola Tanah Air agar Luis Milla kembali menukangi Timnas Garuda Merah Putih makin membesar. Apalagi...

Benarkah Terduga Teroris Cijagra Anggota Aktif Jundullah ANNAS

TIKTAK.ID – Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Antiteror Polri sukses menggelar operasi penggeledahan di dua lokasi terpisah di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/10/19)....

Kedapatan Nyabu, Sutradara Amir Mirza Gumai Dicokok Polisi

TIKTAK.ID - Sutradara film "Anak Negeri Megalith", Amir Mirza Gumai, dicokok polisi karena kedapatan nyabu di sebuah rumah kawasan Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Amir...