Cara Mengatasi Alergi Dingin

Posted by on December 13, 2019


Menurut alodokter.com alergi dingin adalah biduran yang muncul akibat udara dingin. Penyakit ini ditandai dengan bentol dan gatal pada kulit yang terkena suhu dingin. alergi ini biasanya terjadi pada remaja yang beranjak dewasa dan biasanya akan hilang dengan sendirinya dan kembali muncul ketika penderitanya terpapar suhu dingin. Memiliki alergi terhadap dingin membuat kamu kesulitan ketika musim dingin atau penghujan. Bagaimana cara mengatasi alergi dingin? Sebelumnya kamu harus mengetahui gejala dari alergi ini. Terdapat beberapa gejala alergi dingin sebagai berikut.

  1. Tangan Bengkak

Pembengkakan pada tangan merupakan sebuah reaksi dari tubuhmu yang bersentuhan langsung dengan suhu dingin seperti minuman, air di pagi hari dan paparan suhu dingin lainnya. Pembengkakan dapat terjadi di beberapa area tubuh, tidak hanya tangan. Pada kasus serius, pembengkakan dapat terjadi pada lidah dan tenggorokan.

  • Ruam Merah dan Gatal

Ini merupakan gejala paling umum yang dirasakan oleh penderita alergi dingin. Gejala alergi dingin yang satu ini berupa timbulnya ruang merah dan terasa gatal. Gejala ini dapat memburuk dan bertahan dalam waktu yang cukup lama, yaitu lebih dari dua puluh empat jam. Adanya ruam merah dan gatal ini merupakan gejala yang sulit hilang meski sudah berpindah ke tempat lain yang lebih hangat.

  • Bentol Merah atau Biduran

Timbulnya bentol-bentol berwarna merah atau yang biasa disebut dengan biduran pada kulit dapat merupakan gejala dari alergi ini. Paparan alergi dingin membuat sel darah putih melepaskan histamini ke aliran darah.

  • Bengkak pada Bibir

Dilansir dari alodokter.com gejala ini terjadi karena setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin. Gejala ini menyebabkan bibir bengkak dan kesulitan dalam berbicara atau makan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Terdapat beberapa cara mengatasi alergi dingin sebagai berikut. Biasanya alergi akan hilang dengan sendirinya, namun jika gejala dirasa menganggu, kamu dapat mengkonsumsi obat untuk meradakan gejalanya. Beberapa obat yang dapat kamu konsumsi untuk alergi dingin sebagai berikut.

  1. Antihistamin

Antihistamin adalah kelompok obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi gejala alergi seperti alergi akibat sengatan serangga, alergi makanan dan biduran. Menurut hellosehat.com obat ini merupakan obat yang umum digunakan untuk alergi dingin. histamin adalah zat kimia vasoaktif yang memiliki efek pada pembuluh darah kecil (kapiler) agar dapat melebar. Obat ini bekerja dengan cara memblokir zat histamin yang diproduksi oleh tubuh. Zat tersebut digunakan tubuh untuk melawan virus yang masuk pada tubuh.

  • Kortikosteroid

Kortikosteroid adalah obat yang mengandung hormon steroid yang berguna untuk menambah horman ketika tubuh memerlukannya. Kortikosteroid diproduksi secara alami di kelenjar adrenal bagian terluar. Obat ini berguna untuk menangani penyakit asma, bronkitis dan reaksi alergi pada kulit, mata atau hidung.

  • Leukotrine antagonis

Dilansir dari hellosehat.com obat ini disebut juga dengan antileukotriene. Obat akan menghambat zat leukotrien. Leukotrienes adalah substansi yang dilepaskan oleh sel darah putih di paru-paru yang menyebabkan aliran udara terhambat dan peradangan. Obat untuk alergi dingin ini adalat menangani berbagai jenis kasus biduran, asma dan alergi musiman seperti serbuk sari.

  • Suntikan Epinephrine

Epinephirine atau adrenalin merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi reaksi alergi parah yang membahayakan nyawa, yaitu syokk anafilantik. Alergi ini dapat disebabkan oleh gigitan serangga dan makanan. Epinephirine dapat meredakan reaksi alergi tersebut dengan melemaskan otot saluran pernapasan dan membuat pembuluh darah menjadi sempit.

Itulah cara mengatasi alergi dingin yang dapat kamu lakukan. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengkonsumsi obat-obat tersebut agar dapat menyembuhkan alergimu dengan benar.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *