Bagaimana Cara Mengobati Fibrilasi Atrium Dengan Akupuntur?

Posted by on November 24, 2019


Dalam jadwal sibuk sehari-hari kebanyakan orang cenderung mengikuti gaya hidup tidak sehat yang menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Beberapa dari mereka bahkan mungkin memiliki konsekuensi yang mengancam jiwa, seperti penyakit jantung dan stroke. Namun, memperhatikan tanda peringatan pada tahap awal dan mendapatkan pengobatan yang tepat dapat mengembalikan kesehatan Anda. Ini adalah penyakit jantung yang berbahaya dalam hal ini di mana pasien mungkin memerlukan perawatan segera tergantung pada jenisnya. Akupunktur adalah salah satu prosedur perawatan yang manjur.

Apa yang terjadi pada Atrial Fibrillation?

Penyakit ini mengubah detak jantung secara teratur dan membuatnya berdetak lebih cepat. Di sini, dua bilik atas jantung yang dikenal sebagai atria cenderung kehilangan koordinasi dengan bilik bawah yang dikenal sebagai ventrikel. Karena ini, darah tidak dapat dipompa keluar secara efisien, mengakibatkan pembekuan di jantung. Gumpalan akhirnya dapat mencapai organ yang berbeda melalui arteri. Gumpalan dapat membatasi dan bahkan memblokir pasokan darah ke organ-organ yang terkena dan menyebabkan kerusakan serius pada organ-organ tersebut.

Berbagai Jenis Fibrilasi Atrium

Berdasarkan durasi dan penyebab denyut jantung tidak teratur atrial fibrilasi dapat dibagi menjadi empat jenis:

Fibrilasi paroksismal didefinisikan sebagai suatu episode ketika detak jantung tidak teratur berlangsung kurang dari satu minggu dengan atau tanpa intervensi medis. Ini juga disebut AF intermiten. Episode detak jantung cepat semacam itu dapat terjadi beberapa kali sepanjang tahun sehingga sulit untuk didiagnosis.
Fibrilasi persisten mengacu pada kondisi di mana denyut jantung tetap abnormal selama lebih dari seminggu tetapi kurang dari 12 bulan. Denyut jantung tidak kembali normal kecuali pasien mendapatkan perawatan yang tepat.
Fibrilasi lama mengacu pada tahap di mana detak jantung kacau tetap selama lebih dari 12 bulan.
Fibrilasi permanen terjadi ketika kondisi seperti itu tetap untuk periode waktu yang tidak terbatas.
Apa faktor yang menyebabkan fibrilasi atrium?
Faktor-faktor ini berkisar dari kecanduan alkohol hingga beberapa penyakit jantung lain yang sudah diderita pasien. Faktor utama yang menyebabkan fibrilasi atrium adalah:

Penyakit jantung bawaan
Arteri koroner atau tersumbat
Tekanan darah tinggi
Kerusakan pada katup jantung
Serangan jantung sebelumnya
Kelenjar tiroid yang hiperaktif
Kecanduan berlebihan terhadap kafein, tembakau, dan alkohol
Sleep apnea
Terlalu banyak stres
Diagnosis Fibrilasi Atrium
Beberapa gejala menunjukkan kemungkinan:

Detak jantung tidak teratur dan berkibar di dada
Napas pendek, pusing dan cemas
Kelelahan konstan dan mudah lelah
Berkeringat dan sakit di dalam dada
Pengobatan Fibrilasi Atrium Menggunakan Akupunktur
Rezim saat ini untuk pengobatan fibrilasi atrium belum menghasilkan hasil yang memuaskan untuk AF. Beberapa laporan dari Tiongkok dan negara-negara lain menunjukkan bahwa akupunktur bekerja lebih cepat dan lebih manjur untuk atrial fibrilasi karena stres, hormon yang tidak seimbang, dan sistem saraf, terutama untuk AF yang terkait dengan sleep apnea, insomnia, terlalu banyak stres dan menopause. Biasanya perawatan berisi 10-12 sesi. Ahli akupunktur memasukkan jarum halus ke beberapa titik di punggung, dada, dan lengan untuk mencapai efek anti-aritmia. Perlu dicatat juga bahwa akupunktur lebih murah daripada metode konvensional dan tidak memiliki efek samping. Akupunktur untuk atrial fibrilasi juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi ke otot jantung Anda untuk mencegah gagal jantung dan pembekuan darah di masa depan.

Li Zheng, PhD adalah ahli akupunktur & herbalis berlisensi dengan gelar PhD dalam ilmu kedokteran. Lulusan dari Universitas Pengobatan Cina Beijing yang berpraktik sebagai dokter di Tiongkok, ia memiliki 26 tahun pengalaman. Selain itu, ia juga seorang profesor dan pengawas klinis dari New England School of Acupuncture, konsultan untuk Health Grid Inc. dan penulis dua buku, “Acupuncture and Hormone Balance” dan “Chinese Acupuncture and Herbs for Common Diseases”.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *